Aurora Fenomena Alam yang Sangat Indah

0
763


Aurora merupakan fenomena alam yang sangat indah yang menampakkan pancaran cahaya yang menari-nari pada lapisan ionosfer dengan berbagai warna. Terjadinya aurora diakibatkan oleh interaksi antara medan magnetik yang dimiliki palet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin surya). Aurora hanya bisa terjadi di daerah kutub saja, baik untuk kutub utara maupun kutub selatan. Ada juga aurora yang ditemukan di daerah pegunungan tropis tapi hal ini sangat jarang terjadi.

Aurora sendiri terdapat dua jenis yang dibagi berdasarkan tempat terjadinya yaitu Aurora Borelis dan Aurora Australis. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya.

Aurora Fenomena Alam yang Sangat Indah
Aurora Fenomena Alam yang Sangat Indah

Jenis-jenis Aurora

Aurora Australis

Dinamakan Aurora Australis karena aurora ini hanya terjadi di kutub selatan. Aurora ini pun sering disebut dengan cahaya selatan. Aurora ini bisa dilihat di tempat yang sangat tinggi. Namun, bila dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti berada di garis cakrawala. Biasanya Aurora Australis mempunyai warna hijau dan terkadang juga kemerahan atau merah pudar, seperti warna matahari terbit. Wilayah untuk menikmati indahnya Aurora ini seperti Amerika Selatan, Antartika, New Zealad dan Australia.

Aurora Borealis

Seperti Aurora Australis, Aurora Borealis pun sering disebut dengan cahaya dari utara, karena hanya terjadi di kutub utara. Nama Borealis sendiri diambil dari kata Boreas yang berasal dari bahasa Yunani untuk angin utara. Jika dilihat secara keseluruhan, Aurora Borealis, tidak jauh beda dengan Aurora Australis. Perbedaannya hanya tempat terjadinya saja.

Jika Anda ingin menikmati Aurora yang indah, Anda tidak perlu menunggu waktu atau bulan-bulan tertentu, karena di beberapa tempat ini Aurora terjadi sepanjang tahun.

Tempat yang tepat untuk melihat Aurora sepanjang tahun

Tromso, Norwegia

Tromso dan North Cape adalah daerah yang paling tenang untuk menikmati keindahan aurora yang tersedia sepanjang tahun.

Yellowknif, Kanada

Apabila Anda ingin melihat aurora sambil menikmati kemah ala orang Indian, mungkin ini adalah tempatnya. Kunjungi taman Aurora Village di Yellowknir, Kanada.

Faribanks, Alaska, Amerika Serikat

Di sini Anda akan ditawarkan dengan pengalaman yang berbeda. Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menikmati Aurora adalah dengan berendam di kolam air panas.

Kangerlussuag, Greenland

Iklim di tempat ini cukup stabil dan mempunyai langit cerah sepanjang tahun. Di sini juga memberikan kesempatan untuk semua orang yang ingin menikmati cahaya aurora.

Wilayah selatan

Wilayah ini adalah tempat terbaik untuk melihat aurora, tetapi tempat ini adalah yang paling sulit untuk dikunjungi. Aurora yang ada di tempat ini sangat indah dan akan memanjakan mata.

Post Populer:

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY