[FOTO] Setelah ‘Suara Terompet Sangkakala’, Muncul Fenomena Awan Misterius

0
456


gambar fenomena awan misterius

Fenomena Awan Misterius muncul di langit Amerika Serikat membuat sebagian warga bertanya-tanya dan penasaran dengan bentuk awan yang tidak lazim tersebut. Penampakan awan dengan bentuk yang langka tersebut banyak diabadikan oleh warga dan diunggah ke internet.

Netizen pun heboh dengan beberapa foto yang di unggah ke internet tersebut. Penampakan awan dengan bentuk seperti tornado yang siap menyedot apapun di bawahnya tersebut membuat netizen sangat penasaran.

Seorang pengguna Reddit dengan nama akun Kechupacket adalah yang pertama mengunggah gambar fenomena awan misterius tersebut. Dalam captionnya, sambil bercanda Ia mengatakan mungkin akan diambil alien atau disedot oleh tornado.

“Dear Reddit, terima kasih untuk semua kenangan, aku mungkin akan diambil oleh alien atau disedot oleh tornado. Wish me luck,” itulah caption yang ditulis Kechupacket saat mengunggah foto awan misterius, Rabu (27/5).

Namun ada penjelasan ilmiah soal fenomena awan misterius yang menyerupai tornado tersebut. Awan itu disebut sebagai awan Lenticular atau nama lainnya Altocumulus lenticularis. Awan yang juga mirip dengan bentuk lensa tersebut berada di  lapisan troposfer. Awan Lenticular seringkali ditemui posisinya tegak lurus dengan arah angin.

Awan Lenticular dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yang bisa disebut diantaranya Altocumulus Standing Lenticularis (ACSL), Stratocumulus Standing Lenticular (SCSL), dan Cirrocumulus Standing Lenticular (CCSL).

Fenomena awan Lenticular ini adalah fenomena alam yang alami dan tidak perlu ditakutkan. Awan jenis ini justru berbahaya bagi penerbangan karena bisa menyebabkan turbulensi hebat pada pesawat terbang. Awan Lenticular juga pernah terekam di Gunung Hotaka Jepang.

Foto Fenomena Awan Misterius

Sebagian foto awan misterius tersebut bisa Anda lihat di laman ini.

Untuk melihat penampakan fenomena awan misterius di Amerika yang ternyata adalah awan Lenticular, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Post Populer:

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY