Foto Perayaan Cap Go Meh di Singkawang

0
186


Foto Cap Go Meh Singkawang

Foto Cap Go Meh Singkawang – Perayaan Cap Go Meh adalah perayaan tanggal 15 dalam penanggalan Cina yang masih terkait dengan perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek. Di Singkawang Kalimantan Barat, perayaan Cap Go Meh berlangsung meriah. Selain parade yang menampilkan Tatung (orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur), ada juga festival lampion dan pertunjukan tari naga  atau Barongsai.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang memang sudah dikenal luas oleh publik. Tidak hanya oleh masyarakat di sekitar Singkawang saja yang melihat, banyak juga wisatawan domestik dan mancanegara yang mengunjungi kota kecil yang berjarak 145 km dari Pontianak tersebut. Bahkan ada penyelenggara travel  yang menyiapkan paket tour ke Singkawang khusus untuk melihat perayaaan Cap Go Meh.

Menjelang perayaan Cap Go Meh, warga Singkawang terlebih dahulu mengadakan festival lentera dan pertunjukan tari naga. Mobil-mobil dihiasi lentera berkeliling kota. Selain itu juga ada kelompok Marching Band yang ikut meramaikan suasana. Lampion-lampion berwarna merah menghiasi rumah-rumah warga di Kota Singkawang.

Puncak perayaan Cap Go Meh, pada tanggal 15 kalender Cina, disajikan pertunjukan Tatung. Apa sebenarnya Tatung itu? Tatung adalah simbol penghalau nasib buruk, roh-roh jahat dan kesialan. Tatung juga merupakan media manusia yang dirasuki arwah-arwah (louya) yang sudah meninggal.

Parade dan pertunjukkan Tatung inilah yang paling menarik dan paling dinantikan oleh wisatawan yang datang khusus untuk melihat perayaan Cap Go Meh di Singkawang. Seperti terlihat dalam foto Cap Go Meh Singkawang di halaman ini, para Tatung menusuk wajah dan tubuh mereka dengan benda tajam. Pada atraksi lainnya, tampak seorang Tatung berdiri dan berjalan diatas senjata tajam khas suku Dayak, Mandau. Para Tatung tersebut tampak tidak merasakan sakit sedikit pun.

Oleh masyarakat Tionghoa di Singkawang, Tatung dipercaya bisa menolong manusia dalam hal pengobatan, mengusir roh jahat serta bisa dimintakan pendapat tentang kehidupan. Tercatat sekitar 500-800 Tatung ikut meramaikan perayaan Cap Go Meh Singkawang setiap tahunnya.

Para Tatung tidak bisa sembarangan. Mereka telah menjalani syarat berpuasa tiga hari sebelum perayaan Cap Go Meh berlangsung. Hal ini untuk menjaga kesucian diri. Dalam keadaan kesurupan roh arwah, sebagian dari Tatung tersebut akan memakan binatang hidup-hidup serta meminum darahnya yang masih segar.

Di halaman ini Anda bisa temukan foto-foto Cap Go Meh Singkawang yang GambarFotoVideo.com kumpulkan dari berbagai sumber. Foto perayaan Cap Go Meh dengan ukuran besar lainnya bisa Anda temukan dengan klik cuplikan gambar di bawah ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY